Kamis, 28 Mei 2015

AL-QALASADI dalam PI PA LANDA (Ping Para Lan Suda)



AL-QALASADI dalam PI PA LANDA (Ping Para Lan Suda)
            PI PO LONDO adalah suatu sebutan dari orang Jawa untuk beberapa symbol matematika yaitu perkalian (PING),pembagian (PORO),penjumlahan (LAN),dan pengurangan (SUDA). Tapi asal kalian tahu bahwa PI PO LONDO bukan di temukan oleh orang Jawa , melainkan di temukan oleh orang Arab yang berbangsa Spanyol,beliau bernama Al-Qalashadi. Tentu kita bisa bayangin kalau yang menemukan PI PO LONDO adalah orang jawa mungkin penemunya Bapak Slamet yang biasa di panggil Sela atau bisa juga bernama Ibu Cariyah panggilanya Caca.
            Al-Qalasadi,itulah nama akrab Beliau. Nama lengkap Beliau adalah Abu Al-Hasan Ali Muhammad bin Khurashi Al-Basri, Ia dilahirkan di Spanyol,tepatnya di daerah Baza (basta) pada abad ke XV. Selain terkenal sebagai ahli matematika  Beliau juga dikenal sebagai ahli hukum.
            Konstribusi Al-Qalasadi dalam mengembangkan matematika sungguh sangat tak ternilai. Ia sang matematikus Muslim abad ke-15, tanpa beliau tentu kalian bisa bayangin mungkin aku, kalian tidak mengenal symbol-simbol ilmu hitung.Jasa Beliau dalam mengembangkan matematika sungguh sangat tak ternilai. Simbol-simbol tersebut pertama kali di kebangkan pada abad ke-14 oleh Ibnu Al-Banna. Kemudian pada abad ke-15 dikembangkan oleh Al-Qalasadi. Beliau memperkenalkan symbol-simbol matematika dengan menggunakan karakter dari Alpabet Arab.Ia menggunakan Wa yang berarti “dan” untuk penambahan (+), untuk pengurangan (-) Beliau mengguneken Min yang berarti “kurang”. Sedangkan untuk perkalian (X) Ia menggunakan Fi yang berarti “kali”, dan untuk pembagian (/) Beliau menggunakan Ala yang berarti “bagi”.

            Aplikasi penggunaan symbol-simbol tersebut sangatlah banyak,terutama dalam ilmu hitung. Sungguh besar jasa beliau dalam dunia matematika.Dan pada akhirnya  beliau wafat pada ! Desember 1486 atau bertepatan 15 Dzulhijjah 891 H di Ifkriya, Bedja

0 komentar:

Posting Komentar